Sabtu, 15 September 2012

Makanan Penguat Gigi dan Tulang


            Kita harus telaten dalam memerhatikan makanan anak yang dapat memperkuat gigi dan tulangnya. Hal ini perlu karena tulang dan gigi merupakan organ tubuh yang sangat penting, sama seperti organ-organ tubuh lainnya.
            Kekuatan tulang dan gigi tergantung dari pondasinya. Yaitu kalsium dan vitamin D. Perlu pula diketahui makanan apa saja yang dapat memperkuat gigi dan tulang anak. Di bawah ini ada beberapa jenis makanan yang bisa dicoba di rumah di tambahkan pada menu si kecil. 
a.       Bayam
Jenis sayuran ini seperti yang sudah kita ketahui banyak mengandung zat besi yang bagus buat kekuatan tulang. Selain itu ia juga kaya serat dan vitamin A. Apabila anak Anda makan 1 cangkir bayam yang dimasak, maka 25% kebutuhan kalsium harian terpenuhi. 
b.      Sawi Hijau
Silahkan selipkan sayuran ini dalam menu makan si kecil karena ia juga mengandung banyak kalsium yang hampir sama dengan bayam. 
c.       Ikan Tuna
Ikan tuna dan lemak ikan lainnya merupakan sumber vitamin D yang bagus untuk penyerapan kalsium pada tulang. 
d.      Sereal
Tahukah anda kalau sereal ini mengandung 25% vitamin D? Ini sangat bagus bagi yang tidak mau terlalu repot memasak ikan salmon, dll. 
e.       Telur
Telur juga mengandung vitamin D. Makan telur kuning dan putihnya akan memenuhi 6% dari kebutuhan kalsium harian anda. Nah, berikanlah pada si kecil kuning dan putih telurnya. Jumlah kalori dalam telur yang paling banyak adalah pada kuning telurnya. 
f.       Ikan Sarden
Ternyata ikan sarden juga mempunyai manfaat yang tidak kalah banyak untuk memenuhi kalsium dan vitamin. 
g.      Susu
Susu ini sudah sangat familiar karena banyak orang yang sudah mengetahui fungsi utamanya yaitu untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda dan buah hati. Apabila ingin mendapatkan yang kaya vitamin D sehingga kebutuhan kalsium dan vitamin D, terpenuhi.

Tidak ada komentar: