Sabtu, 25 Agustus 2012

Kurma Baik untuk Diet


Ada banyak alasan kenapa sebaiknya anda menurunkan berat badan. Apapun alasan itu, mau untuk penampilan, mengecilkan perut buncit, menghadiri pesta, semua akan bermuara pada alasan kesehatan. Kegemukan adalah salah masalah yang sering dialami wanita maupun pria. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, seperti mengkonsumsi terlalu banyak makanan tinggi kalori dan berminyak.
            Kegemukan bukan hanya dilihat dari berat badannya saja, tapi yang berbahaya adalah lemak yang tertimbun. Akibatnya bisa menyebabkan serangan jantung mendadak, stroke, diabetes, dan kanker. Jika lingkar perut anda lebih dari 90 cm untuk pria dan 80 cm untuk wanita, maka resiko anda meningkat hingga 3 x lipat.
            Buah kurma tak asing lagi di telinga masyarakat. Pasalnya, kurma menjadi salah satu menu pembuka puasa, selain kotak atau minuman-minuman segar lainnya. Prof. Nurpudji Astuti, Pakar gizi dari Unhas sebelumnya telah menjelaskan bahwa pada kurma yang masih lembek alias matang di pohon dan belum dijemur, kandungan gulanya berkisar 50 hingga 60 persen. Buah yang telah dikeringkan kandungannya cukup tinggi, berkisar 70 persen.
            “Kandungan gulanya lebih tinggi setelah dijemur dibandingkan saat masih lembek. Namun, tetap sama-sama memiliki kandungan vitamin yang baik,” kata Nurpudji.
            Prof. Nurpudji menambahkan, kendati baik dikonsumsi saat buka puasa dan memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, maka kurma memiliki daya serap yang buruk yakni antara 45-50 menit. Artinya, waktu untuk pengolahan menjadi nutrisi yang disalurkan ke dalam darah menjadi lumayan lama sehingga baik untuk mengurangi rasa lapar atau diet.
            Dibandingkan makan makanan manis yang dicampur dengan gula pasir dan pemanis lainnya yang cepat diserap dan habis, kurma lebih lama diserap oleh tubuh. Oleh karena itu, efeknya sangat baik untuk mengurangi rasa lapar. Peneliti yang juga penemu pil sehat dan ikan gabus ini menambahkan, jika kita ingin diet, sangat cocok mengonsumsi kurma.



Tidak ada komentar: