Selasa, 17 September 2013

PENGARUH KESEHATAN MENTAL TERHADAP KONDISI TUBUH


Kalau dulu orang mengatakan bahwa mental yang sehat terletak dalam badan yang sehat, maka sekarang terbukti pula sebaliknya, yaitu kesehatan mental menentukan kesehatan badan. Akhir-akhir ini banyak terdapat penyakit yang dinamakan psychosomatic, yaitu penyakit pada badan yang disebabkan oleh mental. Misalnya seorang ibu menderita penyakit jantung selama beberapa tahun. Selama itu ia terus berhubungan dengan dokter-dokter yang mencoba merawatnya, tapi tanpa hasil. Ia putus asa karena dokter-dokter itu tidak menemukan penyakitnya, dan akhirnya merasa kepercayaan kepada dirinya menjadi hilang. Setelah diteliti latar belakang dari hidup dan pengalaman-pengalaman yang dilaluinya, terbukti bahwa penyakitnya bukanlah penyakit yang disebabkan oleh karena ada yang sakit/rusak pada jantungnya, akan tetapi karena tekanan-tekanan perasaan dalam keluarga. Dia kurang mampu memahami suaminya, dan tidak banyak berdiskusi dan mengungkapkan perasaannya kepada siapapun, baik suami atau orangtuanya sendiri. Semua perasaan-perasaan yang menganggu fikiran dan ketenangan batinnya, disimpannya sendiri, yang akhirnya menyebabkan jantungnya terganggu.
         Penyakit-penyakit lain yang banyak terdapat di zaman modern sekarang, seperti tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah, exceem, sesak nafas dan sebagainya, disebabkan antara lain oleh tekanan perasaan yang terjadi karena tidak mampunya orang mencapai apa yang diingini, atau karena banyaknya persaingan dalam hidup sekarang ini.
         Dapat kita simpulkan bahwa ketenangan hidup dan kebahagiaan rumahtangga, terletak pada adanya saling mengerti satu sama lain, saling hormat-menghormati dan saling cinta-mencintai antara anggota keluarga dan mampu menyesuaikan diri dalam hidup.

Tidak ada komentar: